Organisasi dan metode merupakan satu hal
yang sulit untuk dipisahkan. Keduanya memilik pengertian masing-masing namun
bila disatukan akan tercipta sebuah keterkaitan yang amat erat.
Organisasi secara umum merupakan suatu
kelompok orang dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan bersama.Agar tujuan
organisasi dan tujuan individu dapat tercapai secara selaras dan harmonis maka
diperlukan kerjasama dan usaha yang sungguh-sungguh dari kedua belah pihak
(pengurus organisasi dan anggota organisasi) untuk bersama-sama berusaha saling
memenuhi kewajiban masing-masing secara bertanggung jawab, sehingga pada saat
masing-masing mendapatkan haknya dapat memenuhi rasa keadilan baik bagi anggota
organisasi/pegawai maupun bagi pengurus organisasi/pejabat yang berwenang.
Metode adalah cara untuk melakukan
pekerjaan agar berdaya guna dan berhasil guna. Untuk memperlancar jalannya
usaha diperlukan metode-metode kerja yang tepat. Fungsi metode berarti sebagai
alat untuk mencapai tujuan.
Organisasi memerlukan metode begitupun
sebaliknya untuk mencapai metode kerja yang sesuai dengan kebutuhan organisasi,
baik yang menyangkut proses produksi maupun administrasi tidak terjadi begitu
saja melainkan memerlukan waktu yang lama. Bahkan sering terjadi, untuk
memperoleh metode kerja yang sesuai dengan kebutuhan organisasi, pimpinan
perusahaan meminta bantuan ahli. Hal ini dilakukan karena penciptaan
metode kerja, mekanisme kerja, serta prosedur kerja sangat besar
manfaatnya bagi suatu organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar